Jumat, 25 Juni 2021 11:11

Kwarcab Purbalingga

Portal Informasi Pramuka Purbalingga

Pewarta Pramuka Kwarcab Purbalingga Ikuti Kursus Jurnalistik

2 min read
Waktu Untuk Membaca : 2 minutes

Unit Pewarta Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga mengikuti Kursus Kehumasan Penulisan Berita. Kursus tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purbalingga bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga.

Wakil Ketua Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga, Kak Tri Gunawan Setiada mengatakan kursus kehumasan merupakan satu upaya memberi bekal pengetahuan untuk para pewarta Pramuka di Kwarcab Purbalingga. Ia berpesan agar anggota pramuka mampu menyebarkan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat luas.

“Tentunya ini harus dimasifkan dalam membuat konten-konten tentang informasi semua kegiatan pramuka,” kata Kak Tri Gunawan pada detakjateng di sela-sela Kursus Kehumasan di Sanggar Bakti Pramuka, Selasa (17 Nopember 2020).

Ketua Panitia, Kak Ety Tri Setyowati menuturkan, kursus ini dikuti seluruh 23 pewarta pramuka yang tergabung dalam unit scout journalist dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. 23 pewarta pramuka tersebut ini merupakan anggota penegak/pandega yang telah lolos seleksi menjadi pewarta di Kwarcab dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Purbalingga.

“Tujuannya memberi bekal dasar jurnalistik yang mengait dengan pengetahuan, keahlian atau keterampilan jurnalistik, etika atau sikap dalam mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, atau memberikan kejelasan,” ujar Kak Eti.

Ketua PWI Purbalingga, Kak Joko Santoso mengatakan kursus tersebut merupakan kegiatan rutin yang diagendakan oleh PWI Purbalingga. Untuk membekali anggota pramuka dengan kemampuan dasar-dasar ‎ilmu jurnalistik. “Dengan cara melakukan riset dan wawancara dapat membuat tulisan yang baik, membuat video, dan juga teknik fotografi,” kata Joko.

Kak Joko menginginkan, anggota Pramuka memahami dunia jurnalistik, dan bisa membedakan mana berita benar dan berita bohong atau hoaks. Karena kondisi saat ini tidak bisa dipungkiri seiring dengan pesatnya perkembangan informasi yang mudah didapatkan.”Namun tidak semua informasi benar adanya sehingga menyebabkan maraknya berita bohong atau hoaks tersebar di masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi kursus tersebut menghadirkan pemateri Kak Arief Noegroho tentang Teknik Reportase dan Wawancara. Selanjutnya Menulis Feature oleh Kak Lilian Kiki Triwulan dan Jurnalisme Warga oleh Kak Budi Cahyo Utomo.

Selanjutnya Jurnalisme Televisi oleh Kak Catur Edi Purwanto Seksi Polkam yang juga wartawan MNC TV. Terakhir Praktik Menulis dan Membuat Berita oleh Kak Ryan Rachman Wakil Ketua PWI Purbalingga

 

1 thought on “Pewarta Pramuka Kwarcab Purbalingga Ikuti Kursus Jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *