Senin, 27 September 2021 23:18

Kwarcab Purbalingga

Portal Informasi Pramuka Purbalingga

DKN Ajak Peserta LPK Purbalingga Bangun Super Team

2 min read

Untuk dapat membangun sebuah tim yang kuat, dibutuhkan kerelaan untuk membangun diri sendiri terlebih dahulu untuk menjadi kuat. Karena sesuatu yang kuat, dibangun oleh elemen-elemen yang kuat.

Hal itu yang disampaikan oleh Kak Satrio Bimo Wiguna dari Dewan Kerja Nasional (DKN) saat menyampaikan materi Team Building dalam Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga secara virtual, Jumat, (9 Juli 2021).

“Tujuan team building diantaranya membangun pribadi masing-masing yang ideal, meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan dalam pengambilan keputusan, kemampuan komunikasi dan menumbuhkan pikiran kritis, membangun rasa empati antar sesama, mensinergikan tujuan dan membentuk tim yang kuat,” kata Kak Satrio Bimo Wiguna.

Kak Satrio sapaan akrabnya menyampaikan, membangun sebuah tim merupakan aktivitas yang dibuat secara sadar. Digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim.

“Kolaborasi dari dalam prosesnya yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh personil / elemen yang ada,” katanya.

Ia mengingatkan, dalam membangun sebuah tim dewan kerja yang solid, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yakni pentingnya sikap toleransi terhadap sesama anggota, pendekatan yang berbeda untuk setiap anggota, membangun lingkungan kekeluargaan dengan tetap menjaga profesionalitas

“Pastikan mengetahui karakter masing masing anggota. Baik kelebihan dan kekurangannya,  agar bisa bersinergi dengan baik, memotivasi diri dan apresiasi diri sendiri tetapi tidak berlebihan,” ungkapnya.

Kak Satrio menambahkan, manfaat dari team building itu sendiri dapat membangun kreativitas karena terdapat diskusi untuk membahas berbagai gagasan yang menarik, ide terbaik bisa muncul seiring dengan lahirnya sebuah solusi dari permasalahan yang ada. Tips untuk membangun sebuah team yang kuat dan solid itu harus memiliki target yang jelas, komitmen dari seluruh personil.

“Jangan lupa diperlukan kompetensi diri, kontrol antar sesama, inovasi dan kreatifitas terhadap terobosan baru. Kolaborasi yang kuat antar internal dan eksternal tim akan meningkatkan koordinasi dan milikilah komunikasi yang baik,” imbuhnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *