Senin, 27 September 2021 22:22

Kwarcab Purbalingga

Portal Informasi Pramuka Purbalingga

Mengenal Kak Budi Soekarno Ketua Kwarran Bojongsari yang Hadir dan Mengalir

5 min read

Cita-citanya jadi Guru SD

Ditanya apa cita-citanya sewaktu kecil, dengan sigap dan mantap, Kak Budi menjawab, “Guru SD.” Cita-cita inilah yang mendorong ia aktif berkecimpung di berbagai kancah.

“’Kan guru SD mengajar semua mata pelajaran, terus harus melatih siswa untuk macam-macam lomba, makanya sejak sekolah saya suka ikut banyak kegiatan,” ujarnya.

Ragam kegiatan yang ia ikuti antara lain ekstrakurikuler menari (SMP dan SPG). Di masa kuliah D2 IKIP Negeri Semarang, ia berkiprah di Himpunan Mahasiswa Jurusan sebagai wakil, kemudian menanjak jadi ketua. Sedangkan bidang melukis dan menulis fiksi-nonfiksi, ia tekuni secara otodidak.

Sementara bidang kepanduan Pramuka mulai ia geluti per tahun 1998, sedari mula menjadi guru SD Negeri 3 Sirau, Bobotsari, Purbalingga, hingga kini diamanahi Ketua Kwartir Ranting Bojongsari, Purbalingga sejak tahun 2019. Ia juga terlibat dalam kepengurusan PGRI dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Bojongsari.

Sampai sekarang, kendati sudah didapuk menjadi kepala sekolah, bapak dua anak ini masih giat melatih siswa guna persiapan lomba akademik dan nonakademik. Serasa tidak cukup, ia juga aktif mendorong dan mendampingi rekan-rekan sekancah mengikuti Lomba Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi, dan sebagainya.

Fokus pada pengembangan prestasi siswa dan rekan sejawat, tidak membuat Kak Budi abai pada diri sendiri. Ia tidak pernah terlewat mengikutsertakan diri dalam berbagai event perlombaan.

Perlombaanapapun jenisnya bagi Kak Budi adalah ajang menantang diri sendiri dan selanjutnya memecut ia untuk terus-menerus meningkatkan kualitas serta kompetensi pribadi.

Sekelumit dari sekian banyak prestasi yang ia raih, antara lain: Kepala Sekolah Paling Produktif Menulis Buku Tingkat Kabupaten Purbalingga (2019), Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Purbalingga (2019), Juara III Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Purbalingga (2018), Peringkat XV Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah (2012), Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Purbalingga (2012), Juara III Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Purbalingga (2009).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *