Jumat, 25 Juni 2021 10:11

Kwarcab Purbalingga

Portal Informasi Pramuka Purbalingga

Tentang Kami

Waktu Untuk Membaca : 2 minutes

Salam Pramuka

Terima Kasih, Kakak-kakak telah berkunjung di website purbalingga.pramukajateng.or.id. Website ini  merupakan fasilitasi dari Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.

Selain itu Kakak juga bisa mengunjungi website kami yang lainnya, klil link dibawah ini

https://pramukapurbalingga.id/

http://pramukapurbalingga.id

http://dkc.purbalingga.pramukajateng.or.id

 

Situs web atau website merupakan kumpulan informasi dalam bentuk halaman web yang saling tergabung di sebuah domain atau Uniform Resource Locator (URL). Data Web Hosting Rating mencatat setidaknya hingga Januari 2020, sudah ada 1,74 miliar website di internet. Mengingat banyaknya jumlah ini, maka jenis website pun juga bervariasi dengan fungsi dan manfaat website masing-masing.

 

Gerakan Pramuka Kwarir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga telah memilik website, yakni purbalingga.pramukajateng.or.id yang merupakan fasilitasi dari Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. Website yang lain adalah kwarcabpurbaingga.or.id, dan pramukapurbalingga.id. Kedua website ini menggunakan domain dan hosting yang dibiayai oleh Kwarcab Purbalingga dan dikelola oleh Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga.

Dalam pengelolaan ketiga website ini, Kwarcab Purbalingga mengedapankan konvergensi media. Artinya, Kwarcab Purbalingga melalui Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga menyajikan informasi penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini.

Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan berkembangnya teknologi, khusunya peralihan teknologi analog ke digital.

Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat. Konvergensi media mampu menggabungkan ketiga unsur ‘C’ yang terdiri dari computing, communication dan content.

Bidang Humas dan Protokol berusaha untuk menyajikan informasi dinamis dan real-time seluruh kegiatan Pramuka yang positif untuk masyarakat luas. Informasi ini dapat diakses dimanapun, baik melalui computer maupun aplikasi pada smartphone maupun tablet.

Hadirnya konvergensi media tentunya diharapkan memberikan pengaruh masyarakat pembaca baik di lingkungan anggota Pramuka maupun masyarakat umum. Dengan adanya platform online, semuanya kini lebih mudah untuk mengakses berita dan konten lainnya dengan jaringan internet.

Mengutip pesan Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Tengah Kak Siti Atikoh Ganjar Pranowo, agar anggota Pramuka mau dan memampu menguasai teknologi, termasuk mampu memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan berbagai pesan positif terkait kegiatan-kegiatan kepanduan. Langkah ini juga dilakukan untuk memerangi berita bohong (hoaks) yang marak menyebar di tengah masyarakat.

Untuk itu, anggota pramuka harus mau dan mampu menguasai teknologi, termasuk mampu memanfaatkan media online untuk menyebarluaskan berbagai pesan positif terkait kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kegiatan pemerintah.

 

VISI

Mewujudkan anggota Pramuka yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dengan berbagi informasi melalui siber media

MISI

  1. Mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka di kehidupan bermasyarakat
  2. Mengedukasi penggunaan teknologi digital untuk hal-hal yang positif. Literasi digital yang bijak dalam berinternet diharapkan mampu mengubah mindset digital dari sekadar untuk bersosial menjadi lebih produktif.
  3. Memberikan akses informasi kegiatan Gerakan Pramuka kepada semua elemen masyarakat
  4. Menyajikan informasi secara eksklusif dengan selalu mengedepankan membuat berita, kolaborasi dan investigasi.