30 April 2024

Kwarcab Purbalingga

Portal Informasi Pramuka Purbalingga

PT PERTAMINA dan Yayasan Arsakusuma Serahkan Bantuan Bencana Alam di Posko Pramuli Desa Sidanegara

2 min read

PT PERTAMINA (Persero) Refinery Unit IV Cilacap menggandeng Yayasan Arsakusuma menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat terdampak bencana alam di Posko Pramuka Peduli (Pramuli) Kwarcab Purbalingga Desa Sidanegara.

Baca Juga: Pramuka Wajib Jadi Duta Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19

“Tahun 2021 ini, Yayasan Arsakusuma dipercaya dan diberi amanah oleh PT Pertamina RU IV untuk menyalurkan bantuan 1.250 paket sembako total sebesar Rp.100 juta. Paket untuk para koraban terdampak bencana alam di Kabupaten Purbalingga,” tutur Ketua Yayasan Arsakusuma Purbalingga, R. Budi Setiawan saat menyerahkan bantuan di Posko Pramuli Desa Sidanegara Kecamatan Kaligingondang, Sabtu (2 Januari 2020)

Baca Juga: Penghujung Tahun 2020, DKC Purbalingga Sukses Gelar SIDPARCAB

Ia menambahkan, kegiatan baksos ini sudah menjadi agenda tetap Yayasan Arsakusuma. Diawal tahun 2021 ini, pihaknya mengadakan baksos dengan sasaran masyarakat terdampak bencana alam tanah bergerak.

Baca Juga: Pewarta Pramuka Kwarcab Purbalingga Ikuti Kursus Jurnalistik

“Kami menyalurkan melalui Kakak-kakak Pramuka di Desa Sidanegara untuk saudara-saudara kita di Desa Arenan, Slinga, Pagerandong, dan Sidanegara. Semoga saudara-saudara kita semua terbantu dan bisa meringankan beban ditengah pandemi seperti ini,” ungkapnya, Jumat (1 Januari 2020).

Baca Juga: Kwarcab Purbalingga Gagas Pembentukan Saka Jurnalis

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan di lokasi bencana alam tanah bergerak Dusun Pagersari Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan.

Baca Juga: Ditengah Pandemi Covid, Ini Pesan Ka Mabicab Purbalingga untuk Anggota Pramuka

“Tadi sudah diterima di Posko Dapur Umum Pramuli dan Tagana di Desa Tumanggal dan Posko Pramuka Peduli. Besok kami terus bergerak menyalurkan bantuan ini ke daerah lain,” ungkapnya.

Kepala Posko Pramuka Peduli di Desa Sidanegara, Kak Sutarko menuturkan, bantuan pasti akan sangat membantu meringankan beban kebutuhan makan sehari-hari masyarakat terdampak.

“Ada 82 jiwa yang terdampak. Mereka mengungsi dirumah-rumah tetangganya. Posko ini berfungsi sebagai penyalur bantuan. Misalnya, ada yang menyumbang beras, maka kami langsung salurkan. Kami tidak membuka dapur umum,” ungkapnya

Untuk diketahui, tanah bergerak di Dusun Pagersari Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan terjadi pada Kamis pagi (3 Desember 2020) tercatat 704 orang jiwa  mengungsi meninggalkan rumahnya. Dan tanah bergerak di Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang terjadi Sabtu (12 Desember 2020). Bencana alam di kedua desa ini dipicu hujan deras.

1 thought on “PT PERTAMINA dan Yayasan Arsakusuma Serahkan Bantuan Bencana Alam di Posko Pramuli Desa Sidanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *